728x90 AdSpace

ada apa di sini

oke jon aja

Thursday 30 March 2017

Contoh Penelitian Hadits sampai ke sanat (Takhrij Hadits)

Apa kabar para pencari ilmu sejati, kali ini saya akan memposting tugas UTS saya dalam mata kuliah Ilmu Hadits atau para cendekia sering menyebutnya Ulumul Hadits. Tugas kali ini adalah mencari hadits dari sumber-sumber yang relevan utk menentukan dari mana hadits tersebut berasal lalu bagaimana tingkatan hadits tersebut apakah Sokeh, Mutawatir dan sebagainya.




Dua Foto diatas adalah hasil akhir dari penelitian hadits nya. Yang saya lakukan yakni 
Langkah Pertama
menentukan dulu hadits yang berbunyi seperti apa yang akan saya teliti (sesuai mandat dosen)

Langsung saja, hadits yang saya teliti adalah tentang iman, bunyi haditsnya, Man roa minku munkaron fal yugoirhu biyadih Fa inlam yastatik Fabilisanih  Fainlam yas tatik Fabil kolbih, Wadzalika at aful iman. Itu adalah hadits yang sering saya dengar di pengajian ringan, maka dari itu saya pilih itu.

Setelah pilihan haditsnya sudah dapat kita telaah ringan maka kita harus mencari potongan hadits awal misal bunyi kalimat arabnya seperti apa guna sebagai pedoman untuk langkah selanjutnya.
Langkah Kedua
Yang selanjutnya harus dilkakukan yakni mencari keterkaitan hadits yang dimaksud, misal pada waktu itu saya langsung browsing dulu di internet (jamannya emang udah berubah bro :v). Disitu saya mencari kitab judul apa aja yang harus saya cari, yakni diperpustakaan bakal ada apa gak gitu. Yups terbantu sekali saya, karena disini daftar kitab yang saya harus benar benar cari ada banyak banget listnya. Simpel dan mudah banget bukan.

Kalo daftar kitabnya udah dapet, buruan dicatet lalu pergi ke perpustakaan terdekat untuk survey kitab.

Gak kalah repot kalian juga bisa pake aplikasi komputer bernama Lidwa enslikopedi Hadits *kalo gak salah namanya itu. bisa cepet banget tuh. tapi di PC ku waktu itu gak bisa terinstal aplikasi itu, gak tau ya mungkin gara-gara Win 8.1 kurang compitabel. tapi di PC Win 7 temenku bisa kok. Boleh kalian coba ya.

Langkah Ketiga
Langkah ini karena tugasnya harus tulis tangan (njir ini bikin bete) kita harus menulis tu dari kitab mana aja itu kita temukan, trus yang paling penting SANAD, PEROWI, MATAN . Tulis itu sedetail - detailnya. Namanya juga data spesifik kan. lebih2 kalo tugasnya soft file bisa tu di kasih fotonya buku.

Dibawah gue mau cuma pamer tulisan, wkwk capek banget. kata temen - tulisannya bagus tapi gimana kata kamu? :D gak gak bercanda aja. ya dibawah ini cuma hasil nulis data spesifiknya.







Langkah ke Empat
Langkah ini langkah terakir biasa lah nulis kesimpulan. Kamu tinggal bikin bagannya aja tentang sanad - sanadnya. Terus kamu bisa tau tu matan hadits tersebut sudah berada di tingkatan apa.
Sekian , Semoga bermanfaat..
Contoh Penelitian Hadits sampai ke sanat (Takhrij Hadits) 
Tugas Mata kuliah Ilmu Hadits (ulumul hadits)
Dosen Pengampu Moh Zuhri M.A
KPI Fakultas Dakwah IAIN Salatiga

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

OKEJOHN-AJA Komentar boleh.. Marah kalau bisa jangan.. ^_^ ^_^ ^_^ NO SPAM - NO IKLAN

Item Reviewed: Contoh Penelitian Hadits sampai ke sanat (Takhrij Hadits) Description: Contoh Penelitian Hadits sampai ke sanat (Takhrij Hadits) Rating: 5 Reviewed By: Roy
Scroll to Top